Kuliah Jualan Online

Digital Di Abad 21

Kuliah Jualan OnlineSaat ini Indonesia meluncurkan Era Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 merupakan bentuk kemajuan teknologi yang mengintegrasikan dunia fisik, digital, dan biologis, sehingga terjadi perubahan mendasar dalam cara hidup manusia. Industri 4.0 melanjutkan dari era revolusi sebelumnya yaitu Industri 3.0, dimana teknologi yang ada semakin berkembang dan terintegrasi. Istilah industri 4.0 muncul dari Jerman. Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa meminta tenaga kerja manusia dalam proses pengaplikasiannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, transformasi merupakan perubahan rupa, baik dari segi bentuk, sifat, fungsi, dan sebagainya. Jadi, transformasi digital merupakan perubahan dalam bidang teknologi digital. Dalam proses revolusi, pasti ada suatu hal yang berubah sesuai dengan inovasi dan kebutuhan hidup manusia.

Menurut Ray Wang, Pendiri dan Analisis Utama Constellation Research Inch., setidaknya ada lima teknologi digital yang menjadi dasar dari transformasi digital, diantaranya yaitu: Mobile, Social, Cloud, Big Data, dan Unified Communications.

            Beberapa bentuk teknologi digital diantaranya seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan chatbot.

Kecerdasan buatan atau disebut Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu bagian komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia.

AI bekerja secara otomatis dan dengan kecepatan tinggi. Umumnya AI berbentuk  software, namun ada pula yang berbentuk humanoid atau seperti manusia sehingga bisa berkomunikasi dengan manusia dan mengingat apapun yang dibuat oleh pemiliknya.Karena kemampuan AI yang bisa mengingat secara permanen, maka AI bisa digunakan untuk menyimpan jadwal dan jawaban dari para pemiliknya atau para pelanggan serta untuk menghitung probabilitas lainnya.

Internet of Things (IoT) yaitu bentuk network atau jaringan dari peralatan fisik, sehingga memungkinkan benda-benda teknologi terhubung dengan jaringan internet. IoT ditemukan oleh Kevin Ashton di tahun 1999. Salah satu produk IoT yang ada adalah layanan GPS (Global Positioning System).

Chatbot (Chatterbot), atau pembalas pesan otomatis adalah salah satu program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan atau visual. Chatbot disebut sebagai customer service yang handal karena kemampuannya dalam menyimpan data informasi yang banyak sehingga dapat merespon pertanyaan dari pengguna sesuai dengan hasil pemindaian kata kunci.

 Pada umumnya chatbot bekerja dengan melakukan pendekatan Natural Language Proccessing (NLP), yakni bagaimana komputer dapat digunakan untuk memahami dan memanipulasi teks bahasa alami untuk mendapatkan informasi tertentu.

Dari ketiga bentuk teknologi digital diatas, maka dapat disimpulkan bahwa transfomasi digital saat ini semakin maju. Beberapa negara di dunia seperti Indonesia sudah menggunakan teknologi digital dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Teknologi di era revolusi industri 4.0 dapat menciptakan dan memfasilitasi pekerjaan, namun bisa juga digunakan untuk mengambil alih pekerjaan. Karena itulah, masyarakat Indonesia harus melek teknologi dan bijak dalam menggunakan teknologi yang ada.

Jangan sampai karena hidup berdampingan dengan teknologi, kita menjadi orang yang malas dan pada akhirnya akan menjadi kalah bersaing dengan orang yang lebih intelek.

Pentingnya Dunia Online

Membahas perihal dunia online, maka tidak akan terlepas dari yang namanya internet. Saat ini internet seolah menjadi kebutuhan primer manusia karena memenuhi hampir seluruh ruang kehidupan mereka. Mulai dari hal yang paling kecil hingga hal yang cukup rumit semua dapat dikendalikan dan dikerjakan dengan bantuan internet.

Sebagian besar orang mungkin sangat mengetahui tentang beberapa manfaat internet di kehidupan mereka, terutama sebagai alat komunikasi yang lebih praktis. Serta dalam banyak hal digunakan sebagai media hiburan. Namun, jarang dari mereka yang mengetahui lebih detail tentang sejarah munculnya internet atau bahkan pengertian internet itu sendiri.

Internet merupakan sebuah singkatan dari Interconnection Networking, atau yang berarti jaringan yang terhubung secara luas. Internet merupakan keterkaitan jaringan komputer melalui standard yang disebut global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol TCP/IP. Ada sistem pertukaran paket komunikasi yang berasal melalui data.

Dengan jaringan inilah semua orang bisa berkomunikasi dengan mudah dan dalam waktu yang singkat dari seluruh dunia tanpa batas. Sebutan internet diperuntukkan pada rangkaian jaringan yang paling besar, sedangkan cara untuk menguhubungkannya disebut internetworking.

Namun, seiring berkembangnya waktu dan semakin majunya inovasi teknologi dan komunikasi membuat internet bermanfaat untuk segala aspek kehidupan. Beberapa di antaranya memiliki manfaat di bidang-bidang berikut ini.

1. Sumber Beragam Wawasan Ilmu dan Pengetahuan

Berbeda dengan di masa lalu, hanya sebagian kecil orang yang memiliki akses cukup baik yang dapat memperoleh ilmu sekaligus wawasan luas. Karena sumber wawasan sekaligus ilmu pengetahuan cukup terbatas, tidak cukup diperoleh dari sekolah lokal saja. Namun, kini internet hadir mempermudah semua orang untuk mencari wawasan seluas-luasnya.

Hal tersebut juga menjadi salah satu manfaat internet bagi pelajar yang mengalami kesulitan di beberapa mata pelajaran atau mata kuliah. Dengan bantuan internet, semua pelajar bisa mengakses dengan mudah literasi penting mulai dari jurnal, essay ilmiah, surat kabar hingga buku online. Semua itu bisa diakses hanya lewat perangkat mobile saja.

2. Mempermudah Proses Pelaksanaan Sistem Akademik

Internet tidak hanya merambah di bidang hiburan atau komunikasi saja, tetapi juga dimanfaatkan di bidang pendidikan. Manfaat internet di berbagai lembaga pendidikan, khususnya sekolah di era kini yang tidak tertinggal mempermudah pengaturan sistem administrasi. Kini sistem akademik bisa diurus dari mana saja tanpa harus pergi ke sekolah.

Proses mudah mengurus data dan dokumen akademik di seluruh lembaga pendidikan tersebut merupakan salah satu manfaat internet bagi pendidikan. Bahkan kini tidak hanya pada sistem akademik, segala sistem kependidikan juga bisa diakses lewat internet. Mulai dari pendaftaran sekolah, perekrutan pegawai, hingga sistem pada berbagai tingkat ujian.

3. Menghemat Biaya dan Waktu

Salah satu manfaat jaringan internet yang paling dikenal secara umum adalah tingkat praktisnya saat digunakan untuk berkomunikasi dan mengurus berbagai hal. Dengan menggunakan internet, Anda bisa menghemat waktu sekaligus biaya sangat banyak. Internet bisa mengirimkan beragam data dan dokumen elektronik dalam hitungan detik saja.

Begitupun ketika Anda melakukan komunikasi antar sesama pengguna jaringan internet lainnya secara luas. Tidak perlu membayar biaya mahal untuk berkomunikasi, serta dapat berhubungan lewat telepon atau video yang tersambung dalam beberapa detik saja. Waktu yang Anda habiskan sangat singkat tanpa mengganggu kesibukan Anda di setiap hari.

4. Menjaga Keamanan Warga Negara

Selain untuk perorangan, manfaat internet juga bekerja dalam suatu komunitas yang sangat luas yakni dalam cakupan wilayah negara. Masyarakat dapat menggunakan beragam fasilitas internet di bawah beberapa aturan yang berada di bawah naungan pemerintah. Meski tetap berada di bawah naungan pemerintah, Anda masih memiliki privasi.

Pemerintah memiliki tanggung jawab yang besar untuk mensejahterakan para rakyat di sebuah negara. Sehingga manfaat internet di bidang pemerintahan lebih berfokus pada kemudahan akses publik. Internet di bidang pemerintahan dapat dimanfaatkan untuk menjaga keamanan dan perlindungan kepada warga, contohnya melalui pemantauan CCTV

5. Sangat Efektif Mensukseskan Bisnis atau Usaha

Internet memiliki suatu manfaat penting atau yang biasa disebut sebagai internet of things. Maksud dari pernyataan tersebut adalah konsep baru yang berguna memperluas fungsi sekaligus manfaat dari jaringan internet yang terkoneksi dalam waktu yang lama. Hal ini menngacu pada segala aspek yang dapat dikembangkan unik melalui data di media virtual.

Fokus utama dari manfaat internet of things mencakup hampir seluruh aspek kehidupan yang sifatnya nyata. Misalnya untuk digunakan di bidang bisnis dan usaha, internet akan berguna sebagai media perantara bagi bertemunya penjual dan pembeli secara virtual. Kemudian mereka juga dapat melakukan transaksi pembayaran secara virtual juga.

6. Memperluas Ruang Pertemanan

Manfaat internet secara umum sangatlah banyak, termasuk sebagai media yang dapat menambah atau memperluas jaringan dan ruang pertemanan. Terutama dengan makin berkembangnya media sosial. Anda bisa mengenal seseorang dari beragam belahan dunia yang jaraknya bahkan ribuan kilometer jauhnya dari tempat tinggal atau negara asal Anda.

Ruang pertemanan tidak hanya dapat diakses oleh publik, Anda juga bisa mensettingnya untuk meminta informasi pribadi Anda. Ruang pertemanan dapat diakses tanpa batasan negara sehingga Anda bebas memilih tempat yang ingin dikenal. Contoh beberapa media sosial yang telah Anda ketahui, seperti Line, WhatsApp, Facebook.

Digital telah menguasai dunia

Perkembangan teknologi informasi sangat pesat, bahkan internet kini seolah menguasai dunia. Lantaran sangat memudahkan aktivitas manusia, banyak orang yang bergantung pada jaringan digital. Dengan koneksi internet, informasi apapun dengan mudah dan cepat tersebar luas ke seluruh dunia. Berkat internet pula, apapun bisa dilakukan untuk membantu segala bentuk kegiatan manusia. Internet merupakan jaringan luas yang memungkinkan komputer di seluruh dunia saling terhubung. Jaringan ini dihubungkan dengan berbagai jenis perangkat yang memungkinkan informasi digital bisa diakses oleh banyak orang.

Peran Pemerintah di Era Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Menkominfo, Rudiantara menegaskan kembali komitmen pemerintah dalam memperkuat ekonomi digital di Indonesia. Menurutnya, saat ini peran pemerintah telah mengalami perubahan dari sebagai regulator menjadi fasilitator, bahkan hingga akselerator.

“Peran Kominfo saat ini sudah berpindah. Tidak hanya meregulasi, tetapi juga membangun fasilitas dan mengakselerasi. Kami lebih banyak bertemu dengan teman-teman, mendengarkan apa maunya, kemudian membuat kebijakan yang mendukung,” kata Rudiantara saat menjadi pembicara di acara MilenialFest untuk sesi Kebangsaan Digital, di Jakarta, Minggu (28/10).

Terkait peran pemerintah sebagai fasilitator, Rudiantara mengatakan pemerintah telah menyediakan akses pitalebar (broadband) di Indonesia. Proyek Pala Ring untuk Paket Barat, Paket Timur, dan Paket Tengah ini ditargetkan rampung seluruhnya pada pertengahan 2019.

“Setelah proyek Palapa Ring ini selesai, fokusnya adalah membangun satelit sendiri dengan teknologi internet berkecepatan tinggi. Mudah-mudahan sudah bisa terealisasi pada 2022,” papar Rudiantara.

Kominfo juga telah menggulirkan program 1.000 Startup Digital untuk melahirkan startup-startup baru, serta membuat program pendidikan tanpa gelar bertajuk “Digital Talent Scholarship” atau beasiswa pelatihan intensif untuk menyiapkan sumberdaya manusia dalam mendukung transformasi digital di Indonesia menuju industri 4.0, serta peningkatan ekonomi digital. Program ini akan dikembangkan untuk menjangkau 20.000 orang di tahun 2019.

Dari sisi akselerator, Rudiantara menambahkan pemerintah juga telah menggulirkan program Next Indonesia Unicorn (NextIcorn), sebuah program yang menjadi jembatan agar startup lokal bisa tumbuh menjadi unicorn-unicorn baru, yaitu gelar yang diberikan pada suatu startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$ 1 miliar. Startup yang mengikuti program ini akan diikutkan dalam proses kurasi, sebelum nantinya dipertemukan dengan para investor.

“Saat ini kita sudah memiliki empat startup Unicorn yaitu Go-Jek, Travelok, Bukalapak, dan Tokopedia. Targetnya pada 2019 ada lima startup Unicorn dari Indonesia,” ujar menteri yang akrab disapa Chief RA tersebut.

Melalui dukungan pemerintah tersebut, Rudiantara berharap Indonesia bisa menjadi negara ekonomi digital terbesar di ASEAN pada tahun 2020.

Kemajuan digital yang sangat pesat menghadirkan berbagai situs web dan sosial media yang sangat menarik hati para penggunanya. Keberadaan sosial media dengan berbagai fungsi yang berbeda-beda telah hadir di tengah-tengah warga dunia, tidak terkecuali masyarakat Indonesia.

Ternyata, kehadiran sosial media dan era digital tersebut memiliki perubahan yang cukup drastis loh terhadap kehidupan kita. Dahulu, mungkin kita akan sulit untuk berkenalan dengan orang-orang di belahan dunia lain, namun sekarang sudah sangat berbeda. Kita bukan hanya bisa memiliki teman antar benua yang berbeda, namun juga bisa bekerja dari negara yang berbeda. Ini merupakan kemajuan yang luar biasa, bukan?!

Namun, ternyata ada implikasi lain yang ada pada situasi ini. Tentunya perusahaan-perusahaan teknologi besar tersebut memiliki informasi yang lengkap tentang diri kita. Mereka mengumpulkan informasi tentang kita, serta segala kebiasaan dan rutinitas yang kita lakukan saat ini. Semua informasi yang telah dikumpulkan ini akan digunakan untuk memasarkan produk-produk atau kegiatan khusus yang sesuai dengan preferensi kita. Mengapa begitu? Karena kita adalah target konsumen mereka untuk saat ini dan di masa yang akan datang.

Point point dampak menggunakan :

1. Informasi Pribadi

Ini adalah informasi dasar yang perusahaan-perusahaan teknologi terbesar kumpulkan dari kita. Informasi pribadi terdiri dari nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, informasi kontak seperti nomor ponsel atau nomor telepon rumah, bahkan nomor telepon kantor pun mereka memilikinya. Mereka mendapatkan semua ini saat kita mendaftarkan diri untuk membuat akun sosial media.

Jika rekan pembaca menggunakan sosial media dalam kapasitas apapun, ini cukup mudah untuk digali, kecuali jika rekan pembaca menggunakan nama dan identitas diri yang palsu.

2. Komunikasi

Komunikasi online yang kita lakukan selama ini melalui panggilan online, entah itu telepon atau video. Semua riwayat obrolan dan riwayat panggilan kita dapat disimpan oleh para perusahaan teknologi besar di dunia. Ini mungkin juga bisa bermanfaat bagi strategi bisnis mereka, namun sebagai pengguna kita juga perlu berhati-hati apabila kita menyampaikan isu-isu sensitif yang sifatnya pribadi.

apa yang selalu kita baca. Ternyata sangat luar biasa ya dampak era digital terhadap strategi bisnis.

3. Media Dikonsumsi

Apapun yang kita tonton di YouTube atau cari di Google, semuanya akan terdokumentasi secara rapi. Tujuannya jelas, mereka ingin tahu seperti apa kita dan minat apa yang kita miliki, tidak hanya itu loh. Mereka juga mencoba untuk melacak aplikasi permainan apa yang kita mainkan, musik apa yang selalu kita dengarkan dan kategori buku bacaan internet. Hmm, ternyata meskipun sudah dihapus, aplikasi mereka masih menyimpan semua riwayat penjelajahan web yang pernah kita cari loh. Mereka tahu situs web apa saja yang kita kunjungi dan berapa lama kita bertahan pada situs web tersebut. Luar biasa!

4. Perangkat yang Digunakan

Yang terakhir, perusahaan-perusahaan teknologi dapat melacak perangkat apa yang kita gunakan untuk berselancar di dunia online. Data-data ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi mereka dalam membentuk format media yang mereka buat. Sebagai contoh, semakin meluasnya penggunaan ponsel, perusahaan-perusahaan cenderung membuat konten iklan yang sesuai untuk dapat diposting dan disimpan di dalam ponsel dengan mudah.

Itulah dia 3 dampak dari era digital yang sangat berpengaruh terhadap strategi bisnis atau dalam kehidupan. Semua yang kita lakukan di dunia online dapat terekam dengan baik oleh mereka, dan dapat sangat berguna bagi perkembangan bisnis mereka. Semuanya kembali lagi kepada kita, apakah kita ingin memperlihatkannya kepada mereka melalui kegiatan online yang kita lakukan, atau cenderung ingin menutupinya. Apapun pilihannya, jadilah warga online yang bijak dalam setiap tindakan yang kita lakukan.

Tips Memilih Tempat Belajar Internet Marketing Yang Cocok

Tips Memilih Tempat Belajar Internet Marketing yang cocok. Mempunyai bisnis sendiri merupakan impian banyak orang. Sejak hadirnya internet marketing, banyak orang berlomba-lomba untuk membangun bisnis onlinenya sendiri. Sebagian telah sukses dengan bisnis onlinenya, sementara sebagian yang lain masih baru memulai atau bingung mau memulai dari mana.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online sendiri atau mau belajar internet marketing untuk membangun bisnis online Anda sendiri. Berikut ini adalah Tips Memilih Tempat Belajar Internet Marketing Yang Cocok Untuk Pemula :

1. Lokasinya Strategis

Tempat yang strategis akan memudahkan mobilitas Anda untuk menuju tempat belajar atau kursus internet marketing. Dan akan memudahkan Anda untuk mengatur waktu dan biaya operasional. Misalnya : dekat dengan rumah atau mudah dijangkau transportasi dari rumah.

2. Mempunyai Komunitas Yang Aktif

Tempat kursus yang baik, tidak hanya menyelenggarakan pembelajaran atau kursus kemudian selesai, tetapi membentuk komunitas untuk para alumni untuk saling bertukar informasi atau ilmu-ilmu baru. Pilihlah yang mempunyai komunitas yang aktif, dapat dilihat dari profilnya , kegiatannya atau testimoni dari dari peserta yang pernah mengikuti pelatihan.

3. Materinya Lengkap dan Mudah Dipelajari

Materi Internet Marketing itu ada banyak sekali dan akan selalu berkembang. Pilihlah materi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dapat dilihat dari program dan materi yang ditawarkan.

4. Kelasnya Belajarnya Sesuai Minat Anda

Cara belajar seseorang berbeda antara satu dengan lainnya. Pilihnya yang tempat belajarnya nyaman dan sesuai dengan selera Anda. Pada prinsipnya ada 3 cara belajar , yaitu : kelas tatap muka (offline), Belajar Mandiri (melalui video tutorial) dan Kelas Live melalui webinar yang dapat diakses menggunakan smartphone, PC dan Laptop.

5. Mentor-Mentornya Berpengalaman

Mentor yang berpengalaman tidak hanya mengajarkan berdasarkan teori saja, tetapi berdasarkan teori yang sudah terbukti berhasil. Anda dapat mencari informasinya melalui profile yang tersedia di tempat kursus atau mencari referensi melalui mesin pencari.

6. Membership Berlaku Selamanya

Ilmu internet marketing akan berkembang terus. Pilihlah tempat yang memberikan membership yang berlaku seumur hidup. Sehingga Anda tetap terhubung dengan komunitas dan bisa update ilmu dan tehnik baru terkait internet marketing.

Demikian informasi tentang Tips Memilih Tempat Belajar Internet Marketing Yang Cocok

Leave a Reply