Syarat Sekolah Administrasi Penerbangan

Apa saja Syarat Sekolah Administrasi Penerbangan?

Saat ini dunia transportasi udara semakin menjadi pilihan bagi banyak orang sebab efisiensi waktunya yang ditawarkan. Apa lagi jika Anda harus bepergian ke antarpulau makalah transportasi udara yang menjadi pilihan utama karena lebih baik daripada transportasi laut. Nah, setelah Anda melihat potensi akan pentingnya transportasi udara tersebut dan perkembangannya yang semakin baik dari hari ke hari, mengapa Anda tidak mempertimbangkan untuk kuliah di jurusan yang terkait dengan dunia penerbangan. Berikut ini ada 4 jurusan kuliah pada dunia penerbangan yang bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan. Syarat Sekolah Administrasi Penerbangan

Manajemen penerbangan

Jurusan manajemen penerbangan tersebut memiliki tiga program studi yaitu di antaranya Administrasi Perhubungan Udara, Manajemen Transportasi Udara serta Operasi Bandar Udara. di setiap program studi tersebut bisa menerima siswa yaitu dari SMA, MA maupun SMK. Jurusan tersebut juga bisa menerima jurusan dari IPA, IPS atau juga Bahasa dan Teknik.

Dalam memilih jurusan tersebut maka bisa mempersiapkan Anda untuk mampu menangani reservasi pada penerbangan, load dealing with, ticketing, ground taking care of bahkan juga mampu menangani pemeliharaan serta pengoperasian fasilitas keamanan di penerbangan. Nantinya juga Anda bisa bekerja di dunia penerbangan yaitu pada maskapai penerbangan baik itu milik pemerintah ataupun swasta, di bandara udara, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, kakak juga di BUMN yang khusus menangani tentang operasional bandara yang ada di seluruh Indonesia atau angkasa pura 1 dan 2 yakni ditempatkan di bagian marshaling, AVSEC, the executives vargo dealing with, atau juga di AMC.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa bekerja di visit and travel agrnt, load operator, ground taking care of specialist bahkan sampai asuransi penerbangan. Apakah Anda tertarik untuk kuliah di jurusan manajemen penerbangan?

Baca juga : Sekolah Staff Bandara Makassar 2019 Berakreditasi Baik

Untuk bisa masuk ke jurusan tersebut, maka Anda harus mengikuti tes seleksi masuknya dan juga syarat sekolah administrasi penerbangan yaitu mencakup tes kesehatan organ, tes akademik, kesehatan fisik, psikologi, kesamaptaan, administrasi serta wawancara.

Sedangkan untuk kompetensi yang akan dimiliki jika mengambil jurusan ini yaitu:

Arsiparis

Komputer Akuntansi

Brevet Pajak An and B

Administrasi Perkantoran

Jurusan Penerbangan

Jurusan yang selanjutnya yaitu penerbangan atau pendidikan pilot. Ada jurusan tersebut ada beberapa program studi yaitu Penerbang Saya Putar, Operasi Pesawat Udara atau Flight Operation Office atau FOO cari program studi Penerbang Sayap Tetap. Jurusan-jurusan tersebut sangat di idam-idamkan oleh mereka yang bercita-cita ingin menjadi pilot sejak kecil. Akan tetapi tentunya Anda sejak SMA sudah ada di kelas IPA atau di SMK jurusan penerbangan.

Sedangkan untuk tas yang harus Anda lakukan untuk bisa masuk ke jurusan tersebut di antaranya yaitu tes psikologi, kesamaptaan, wawancara, bakat, kesehatan fisik, kesehatan organ, tes potensi akademik dan juga administrasi. Artinya Anda akan mempunyai kualifikasi IR atau Instrumen Rating, CPL atau Commercial Pilot License yang nantinya akan dibutuhkan oleh berbagai maskapai penerbangan.

Keselamatan penerbangan

Jurusan keselamatan penerbangan tersebut mempunyai empat program studi di antaranya yaitu Penerbangan Aeronautika, Pemandu Lalu Lintas Udara atau Air Traffic Controller, Komunikasi Penerbangan dan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan. Bagi siswa SMA, MA jurusan IPS dan IPA maupun siswa SMK jurusan teknik yang memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris aktif mendapatkan peluang besar untuk bisa masuk di jurusan tersebut sebab lapangan pekerjaan bagi graduated class di jurusan Keselamatan Penerbangan tersebut sangat luas.

Bagi lulusan Pemandu Lalu Lintas Udara bisa bekerja di lembaga Kementerian Perhubungan yang seluruhnya diserap oleh Airnav yakni sebuah perusahaan umum di lembaga penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan yang mana nantinya akan bekerja sama dengan hampir semua bandara yang ada di Indonesia. Seorang pemandu lalu lintas udara bisa bekerja di tower bandara untuk Aerodrome atau juga bisa di tower maupun ruangan yang lain yang sudah dilengkapi juga dengan tampilan visual radar yaitu untuk Area Control Center atau ACC dan juga Approach atau APP. Sedangkan bagi pensiunan pegawai, pemindahan pegawai serta penambahan bandara di setiap tahun akan mengakibatkan Airnav tersebut selalu membutuhkan individual Pemandu Lalu Lintas Udara.

Teknik penerbangan

Jurusan terakhir yaitu jurusan Teknik penerbangan yang mana ada jurusan tersebut akan mencetak tenaga yang handal di bidang penerbangan, misalnya teknisi pesawat udara, telekomunikasi dan navigasi bandara, kelistrikan bandara, teknisi bangunan dan landasan dan juga mekanikal bandara.

Bagi Anda yang lulusan SMA sederajat dari jurusan IPA maupun IPS dapat mengikuti tes seleksi masuk di jurusan Teknik Penerbangan. Teknik Pertahanan itu sendiri terdapat lima program studi yakni Teknik Listrik Bandar Udara, Teknik Pesawat Udara, Teknik Bangunan dan Landasan, Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara, dan juga Teknik Mekanikal Bandar Udara.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai beberapa jurusan yang bisa Anda ambil sekolah administrasi penerbangan dengan memenuhi syarat sekolah administrasi penerbangan yang sudah ditentukan. Dan jika Anda berminat untuk mengambil jurusan tersebut maka Anda bisa bergabung bersama kami

Leave a Reply